KONSEP PENILAIAN OTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
















Penilaian otentik (Authentic Assessment) adalah peniliaian atau pengukuran
yang bersifat bermakna secara signifikan atas pedoman hasil belajar peserta
didik (siswa) tujuannya peniliaiannya pada aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Istilah assessment merupakan sebuah sinonim dari penilaian,
pengukuran, pengujian, atau evaluasi.assessment merupakan bahasa serapan, namun intinya sama dengan pengujuian/evaluasi.

Istilah otentik merupakan sinonim dari asli, nyata, valid, atau reliabel. Jadi pendidik diharapkan mampu menilai/evaluasi sebuah keasliaan, kenyataan atau reliabel di lapangan tentu saja dalam hal ini merupakan kelas. Dengan hasil ini pendidik bisa mencari kekurangan, kelemahan dan masalah dalam kelas secara teliti dan tepat. Penilian yang hasilnya jelek tentu saja memunculkan masalah yang harus diselesaikan. Oleh karenanya guru/pendidik sekarang dianjurkan untuk membuat PTK untuk menyelesaikan dan mengkaji masalah secara ilmiah dari sudut pandang dunia pendidikan.

Secara konseptual penilaian otentik lebih bermakna dan lebih signifikan dibandingkan dengan tes pilihan ganda terstandar sekali pun. Penilaian otentik tentu saja harus dilakukan bahkan bila tidak mengerti harus dipelajari karena penilain ini sebagian kecil dari kurikulum 2013 yang menonjolkan pendidikan karakter.

download artikel selengkapnya
download sini