MEDIA PEMBELAJARAN

Teknologi informasi sebagai media dan sumber belajar untuk sarana penyampaian materi kepada siswa dan sumber belajar siswa secara mandiri. Secara umum media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan bahan pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran (Khanifatul, 2013:30). Sedangkan menurut pendapat Djamarah & Aswan (2006:121) berpendapat hakikat media pembelajaran yang mana alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran. Jadi pada dasarnya media pembelajaran adalah sebuah alat atau sarana dalam berbagai bentuk media, untuk penyalur pesan kepada siswa, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Fungsi dan Tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003 Bab II pasal 3 yang menyatakan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Macam-macam media menurut Arsyad (2011: 29) mengelompokkan media pembelajaran berdasarkan perkembangan teknologi menjadi empat kelas, antara lain: Media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio visual, media hasil teknologi yang berdasarkan komputer, media hasil gabungan teknologi dan cetak.
Tujuan dari media sendiri adalah membangkitkan semangat siswa dalam belajar, mempermudah siswa dalam belajar sehingga belajar pembelajaran berjalan dengan lancar dan tujuan pun tercapai. Manfaat media pembelajaran menurut Sanjaya (2006:160) mengunakan media pemblelajaran bukan saja mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik.
Catatan penting dalam membuat media pembelajaran guru harus memperhatikan hal-hal kecil berikut yang seringkali dilupakan, antara lain:
1.    Memberi judul materi yang diajarkan pada media.
2.    Mencantumkan Kompetensi Inti (KI) pada media pembelajaran.
3.    Mencantumkan Kompetensi Dasar (KD) pada media pembelajaran.
4.    Mencantumkan Indikator Kompetensi pada media pembelajaran.
5.    Memberi  petunjuk belajar pada media pembelajaran.
6.    Memberi peta konsep atau gambaran umum pada awal media.

Penulis disini tidak menerangkan pemasangan KI dan KD didalam media karena KI, KD dan Indikator bisa ditempatkan didalam media atau diselembaran kertas atau terpisah dari media itu sendiri.